Rabu, 16 Juni 2010

Smelly Co Worker, Bagaimana Menghadapinya?

Pernahkah Anda mengalami kejadian yang tidak menyenangkan di kantor gara-gara rekan kerja Anda yang memiliki bau badan yang tidak enak? Setiap kali yang bersangkutan lewat, maka terciumlah bau menyengat yang bisa membuat Anda kehilangan konsentrasi dangag. Euw, jorok! Sungguh tidak menyenangkan bukan?

Parahnya lagi, Anda tidak memiliki keberanian untuk mengatakan langsung kepada rekan tersebut bahwa bau badannya mengganggu lingkungan sekitarnya. Terlebih lagi kita hidup dengan budaya yang serba sungkan. Rasa-rasanya tidak sampai hati untuk mengatakan pada yang bersangkutan bahwa ia perlu lebih memperhatikan kebersihan tubuhnya agarbody odor (BO) nya tidak memusingkan ‘tetangga’ kubikelnya di kantor.

Dilain pihak, Anda tentu saja tidak bisa terus-menerus membiarkan konsentrasi Anda dan rekan lainnya terganggu. Bukan tidak mungkin interupsi yang berkelanjutan seperti ini akan mempengaruhi produktifitas Anda dan rekan kerja lainya.

Mungkin selama ini Anda dan rekan sudah sering memberikan hint atau sindiran tentang BO sang karyawan bau. Namun seringkali karyawan tersebut tidak menyadari bahwa ia memiliki masalah bau badan. Sehingga sebanyak apapun hint yang Anda berikan, tanpa pembicaraan langsung ke masalah tersebut, ia tidak akan menyadari masalah yang ia sebabkan.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi masalah ini :

  1. Pastikan lagi bahwa bukan Anda sumber bau tersebut dan bukan hanya Anda yang merasakan gangguan tersebut. Dengan halus tanyakan pada rekan kerja lainnya apakah mereka juga merasakan hal yang sama dan merasa terganggu. Jika ternyata tidak ada konfirmasi dari yang lain, maka bisa saja sumber BO tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah Anda. Kalau sudah begini, sudah saatnya Anda intropeksi diri; apakah Anda sudah cukup menjaga kebersihan tubuh dan pakaian Anda? Sudahkah Anda mempertimbangkan untuk mengganti anti-perspirant yang digunakan selama ini? Apakah makanan Anda selama ini adalah jenis yang memicu timbulnya BO?
  2. Sampaikan kepada pemimpin. Jika Anda merasa terlalu sungkan untuk menyampaikan masalah ini langsung kepada yangkaryawan tersebut, atau Anda tidak terlalu dekat secara personal, sampaikan hal ini sebagai masalah yang mengganggu konsentrasi kerja Anda kepada atasan Anda. Segala hal yang bisa menimbulkan gangguan terhadap kinerja kerja Anda, diluar masalah yang disebabkan Anda pribadi, adalah tanggung jawab pemimpin Anda.
  3. Jika Anda adalah pemimpin karyawan tersebut, sampaikan masalah ini dengan bijaksana. Ajaklah dia untuk berbicara di dalam ruangan Anda jauh dari karyawan lain. Dengan nada suara yang santai sampaikan dengan singkat masalah BO ini. Dengan tetap menunjukkan simpati, sampaikan dengan jelas dan hindari menggunakan berbagai perumpamaan. Sampaikan dengan jelas harapan Anda terhadap karyawan tersebut, bahwa BO nya telah mengganggu kosentrasi kerja karyawan lain dan membuat mereka enggan untuk bekerja sama dengan dia. Sadarilah bahwa ada beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan body odor, seperti hyperhidrosis bahkan diabetes. Jika inilah yang menyebabkan gangguan tersebut, maka tunjukkan simpati Anda dan sarankan karyawan tersebut untuk melanjutkan pengobatannya dengan serius.
  4. Save his/her face. Jika ia berkelit dengan berbagai alasan, maka terimalah alasan tersebut, namun tetap komunikasikan masalah ini dengan jelas. Biasanya mereka tidak ingin malu atau kehilangan muka dihadapan Anda sehingga menggunakan berbagai alasan untuk ‘melegimitasi’ BO mengganggu tersebut.

Indonesia Job , Jobs , Career

Bookmark and Share

Tidak ada komentar:

Posting Komentar